Jumat, 26 April 2013

Cara Mudah Membuat Hotspot Wifi Sendiri

cara mudah membuat hotspot wifi sendiri dengan menggunakan router portable, kali ini kita akan coba jabarkan bagaimana langkah-langkah untuk membuat hotspot wifi sendiri. Step by step membuat akses point wifi sendiri ternyata tidak susah karena router yang akan kita gunakan sudah dilengkapi dengan deteksi otomatis terhadap modem dan kartu yang digunakan. Jadi hanya perlu colok modem ke router, lalu tunggu sampai lampu router dan modem menyala yang menandakan modem sudah tersambung ke internet.
Sebelum membuat hotspot ini persiapkan router portable Hame A1 dan modem yang sudah didukung seperti merk Huawei, ZTE, Bandluxe, Aircard dan lain-lain.
Berikut ini cara membuat hotspot wifi:
  1. Siapkan kartu operator yang sudah didaftarkan paket internet lalu pasang ke modem.
  2. Colok modem ke router Hame A1 lalu hidupkan router dengan menggeser tombol ke posisi ON. Tunggu router sedang mengenali modem dan setting internet yang digunakan, memerlukan waktu sekitar 2 menit pada penggunaan pertama dan 1 menit untuk pemakaian selanjutnya. Tunggu sampai lampu di router dan modem menyala stabil yang menandakan modem sudah terkoneksi ke internet.
  3. Aktifkan wifi di laptop, tablet atau ponsel. Anda akan menemukan hotspot atau akses point dengan nama Hame atau Hame_A1, lalu sambungkan ke akses point tersebut.
  4. Setelah berhasil tersambung berarti kini device Anda sudah siap digunakan untuk internetan.
  5. Demi keamanan sebaiknya tambahkan password untuk hotspot wifi Anda. Caranya dengan masuk ke ip router di alamat 192.168.169.1 dari browser. Klik gambar gembok lalu masukkan password default “hame“.
    Hame A1
  6. Pilih menu Wireless => WIFI Settings, setelah itu lakukan setting seperti digambar ini, lalu klik tombol Apply.
Hame WEP
Kini hotspot wifi sudah dilindungi oleh password jadi tidak sembarang device bisa terkoneksi ke akses point.