Jumat, 26 April 2013

Smartfren Gangguan Internet | Gunakan Provider internet Alternatif

Provider Smartfren sedang bernasib kurang mujur, layanan internet khususnya untuk koneksi keluar negeri mengalami gangguan serius akibat terputusnya jaringan kabel bawah laut karena tertimpa jangkar kapal laut. Walaupun sampai sekarang masih dilakukan perbaikan penyambungan kabel putus dan mencari alternatif jalur koneksi cadangan yang sebelumnya juga terputus, namun belum bisa dipastikan kapan layanan internet akan kembali normal. Bila Anda sangat bergantung pada koneksi internet untuk menunjang aktifitas dan kerja tentu menjadi malapetaka bila provider internet kita mengalami gangguan apalagi dengan sekala yang luas dan memakan waktu perbaikan berhari-hari. Meskipun sebagai pengguna Anda memaklumi terjadinya gangguan layanan tersebut, namun tidak ada salahnya Anda memiliki cadangan layanan lain. Beberapa alternatif layanan internet mungkin tidak lebih baik tapi setidaknya kita masih terus terkoneksi kejaringan internet global demi menunjang produktifitas.
Bebrapa layanan internet yang bisa menjadi pertimbangan selama terjadinya gangguan dengan provider yang kita gunakan:

1. Telkom Speedy

Layanan internet broadband dari Telkom ini masih menjadi pilihan bagi pengguna perorangan, warnet bahkan sampai pelanggan korporasi. Mengandalkan luasnya jaringan kabel telpon rumah, Telkom Speedy menjadi provider internet yang banyak menawarkan paket berlangganan untuk berbagai segmen pengguna. Cocok untuk penggunaan didalam rumah atau kantor, info Telkom Speedy.

2. FastNet dari First Media

FastNet bisa dibilang penantang Speedy karena layanan ini head to head sama-sama memakai jalur kabel sebagai koneksinya. Bedanya FastNet masih membangun sendiri infrastruktur kabel yang digunakan untuk menyambungkan antar pelanggan sehingga jangkauannya belum seluas Speedy. Saat ini FastNet baru tersedia di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya itupun belum merata. Info lebih lanjut kunjungi FastNet.

3. Telkomsel Flash

Telkomsel Flash adalah layanan internet wireless tanpa kabel dari provider TELKOMSEL untuk seluruh pelanggannya (kartuHALO, simPATI dan Kartu As). Layanan ini didukung dengan teknologi HSDPA/3G/EDGE/GPRS TELKOMSEL yang dapat menghasilkan kecepatan download hingga dengan 14.4 Mbps. Telkomsel sendiri merupakan anak perusahaan Telkom yang dikenal memiliki jaringan luas sampai pelosok Indonesia. T-Flash sangat cocok bagi pengguna didaerah yang belum terjangkau jaringan Speedy maupun pengguna perkotaan yang mobile. Info lanjut Telkomsel Flash.

4. Indosat 3G Plus

Indosat Super 3G+ merupakan paket internet tanpa kabel dari Indosat yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Prabayar (IM3, Mentari) dan Paskabayar (Matrix). Indosat menawarkan paket berlangganan Paket kuota dan Paket unlimitted. Untuk paket kuota pelanggan tidak dapat melakukan koneksi setelah kuota internet habis sedangkan paket unlimitted pelanggan masih internetan setelah kuota habis dengan kecepatan yang diturunkan. Lihat di Indosat Super 3G+.

5. HotRoad 3G XL

XL menawarkan paket kuota internet baik periode harian, mingguan maupun bulanan dengan harga terjangkau. Tersedia bagi pelanggan prabayar dan paskabayar dengan kecepatan up to 7,2 Mbps, keterangan lebih lanjut kunjungi HotRoad 3G XL.

6. Internet Tri

Provider Tri (3) menawarkan paket internet untuk pelanggan GSM dengan pilihan paket dengan besaran kuota. Di beberapa daerah, Tri mampu bersaing dengan layanan lain seperti Telkomsel Flash dan Indosat dengan menawarkan layanan yang stabil tergantung seberapa kuat sinyal 3G disuatu daerah. Kunjungi Internet tri untuk tau lebih banyak.

7. Axis

Sebagai pemain muda diranah jaringan seluler, Axis mencoba menancapkan image sebagai penyedia jasa internet dengan tarif terjangkau. Lihat disini.

8. Alternatif Lain

Sebagai alternatif lain ada layanan internet dari provider yang berbasis jaringan CDMA seperti Flexinet dari Telkom dan Esia Max-d dari Esia. Untuk Flexinet lihat disini, dan Esia disana.